“KOLABORASI ADAKAN PHBI”

USAHA MERAIH SYAFA’AT NABI DAN MENYAMBUNG SILATURAHMI ANTAR ORGANISASI

Kabupaten Malang – bagi UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang, selaku organisasi pencak silat yang kental akan tradisi – tradisi dan kegiatan keagaaman islam, terlebih lagi yang mencerminkan budaya atau tradisi yang dilakukan para penganut faham aswaja. Sehingga didalam organisasi pencak silat yang masuk sebagai salah satu Unik Kegiatan Mahasiswa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini, ada salah satu bidang yang membidangi kegiatan yang bernuansa agama yang berfokus pada kegiatan pendalaman mental, spiritual dan keaswajaan, yaitu bidang Al – irja’.

Dalam bidang ini ada kegiatan yang bersiafat rutin mingguan yaitu rutinan istighotsah, yasin, tahlil dan pembacaan maulid dziba’ yang dilakukan setiap hari kamis malam jum’at, juga kegiatan yang bersiafat rutin setiap tahunnya yaitu kegatan wisata religi atau ziarah wali yang biasanya dilakukan dipenghujung periode kepengurusan. Selain itu ada kegiatan yang bersifat temporal menyesuaikan waktu yaitu peringatan – peringatan hari besar islam (PHBI) diantaranya yaitu peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Pada acara maulid nabi tahun ini, ada yang berbeda dari maulid nabi sebelumnya yang dilakukkan oleh UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang. Pada tahun ini peringatan hari maulid ini tidak dilakukkan secara individu oleh organisasi pencak silat ini, tetapi dilaksanakan secara kolaboratif dengan organisasi lain yang tentunya sepaham secara ideologinya, yaitu dengan MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah) Komisariat UIN Malang, sebuah organisasi thoriqoh kepemudaan yang menjadi sarana kawah candra dimuka dalam upaya mensinergikan kedalaman spiritual dan ketajaman intelektual dalam jiwa pemuda indonesia. Dan juga PAKPT IPNU – IPPNU Tarbiyah UIN Malang, sebuah organisasi kaderisasi yang mewadahi para pemuda usia pelajar dan mahasiswa yang bergerak dirana social keagamaan. Yang menurut UKM Pagar Nusa dua organisasi ini memiliki kesinambungan baik dalam hal ideologi pemahaman juga ranah juangnya, sehingga ada garis relasi yang perlu dijalin lebih rekat lagi.

Berangkat dari hal inilah, pengurus UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang periode 2020 melaksanakan peringatan maulid nabi tahun ini dengan cara berkolaburasi dengan organisasi lain itu. Dengan tujuan awal tentunya untuk memperingati dan menyemarakkan hari kelahiran nabi SAW., menambah wawasan terkait hari maulid juga untuk menyambung silaturahmi dan garis relasi dengan organisasi yang di gandeng kali ini.

Acara itu dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian sambutan ketua umum UKM Pagar Nusa UIN Malang, dilanjut sambutan ketua umum MATAN UIN Malang dan disusul dengan sambutan oleh ketua PAKPT IPNU Tarbiyah UIN Malang. Dimana dari ketiga sambutan para pucuk pimpinan organisasi itu sama sama mengatakan kegiatan kolaborasi seperti ini merupakan kegiatan yang bagus, selain itu para ketua itu berharap jalinan silaturahmi dan komunikasi ini tetap bisa berlanjut dengan baik.

Setelah rentetan sambutan itu selesai, acara dilanjutkan dengan pembacaan secara bersama – sama maulid dziba’ dan mahalul qiyam, dan dilanjut doa sebagai penutup acara formal pada malam itu (Kamis, 5 November 2020). Tak selesai disitu, acara itu berlanjut dengan kegiatan sarahsehan diskusi dan makan tumpeng bareng bareng oleh seluruh anggota yang hadir dalam majlis itu yang kebetulan bertempat di Masjid Al – Muflikhun Perum Jasa Asri Landungsari kecamatan Dau, Malang.

Acara itu berjalan dengan lancar, penuh hikmad dan dihiasi oleh para anggota yang turut meramaikannya. Yang bisa dikatakan tak ada kendala berarti dalam pelaksanaannya meskipun acara yang dikonsep dengan waktu lumayan pendek itu.

“Alhamdulillah, kegiatan PHBI Maulid Nabi Muhammad malam ini telah sukses kita lakukan, selain itu kita juga berhasil menjalin tali silaturahmi dengan organisasi lain yang semoga saja bisa menjadi pendukung perjalan oraganisasi kita kedepanya, saya berharap hal positif semacam ini bisa menjadi dan hubungan baik ini bisa dilanjutkan oleh generasi kita berikutnya dan semoga dengan peringatan hari maulid ini bisa menjadikan kita mendapatkan syafa’at dari beliau nabi musthofa rosulullah SAW. Dihari kemudian kelak” ujar dan doa Mas Nouval (ketum UKM Pagar Nusa UIN Malang) saat penulis wawancarai selepas acara ini rampung.

Jum’at, 6 November 2020

Penulis

Achmad Alfaridzih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *