ADAPTASI DI TENGAH PANDEMI

USAHA PENINGKATAN KUALITAS KADER, UKM PAGAR NUSA UIN MALANG GELAR LEADERSHIP TRAINING DARING

Kota Malang – bagi UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang, hal yang sangat penting dalam perputaran roda kehidupan organisasi adalah pelaku (manusia) dalam organisasi tersebut. Sebab manusia merupakan penentu maju mundurnya sebuah organisasi yang sedang diurusnya itu. Potensi Manusia bisa diumpakan mata pisah, dia akan tajam dan mampu memotong segala rintang jika diasah dengan baik, namun jika potensi yang ada itu tidak dikembangkan dan diasah terus menerus maka bisa saja akan jadi berkarat dan tak mampu difungsikan lagi.

Berangkat dari hal itu pengurus UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang priode 2020 merencanakan agenda latihan Kepemimpinan dalam rapat kerja diawal priode dulu, dengan tujuan untuk menanamkam jiwa kepemimpinan para anggotanya dan alhamdulillah acara leadership training 2020 ini terlaksana dengan lancar pada 3-6 Agustus secara daring via google meet dengan tema “Membangun jiwa kepemimpinan yang aswaja dalam organisasi yang hebat dan berkualitas.”

Acara itu dibuka oleh pembina UKM Pagar Nusa UIN Malang, Ust. Syaiful Musthofa. Pada pembukaan itu beliau mengutarakan “meski dalam kondisi seperti ini yang serba sulit, kita harus tetap berinovasi mencari solusi agar mampu beradaptasi untuk bisa tetap terlihat hidup. Saya sangat mengapresiasi atas inovasi baru berupa pelatihan kepemimpinan secara daring ini, sebab meski banyak kendala pengurus masih mengusahakan bekal ilmu bagi para generasi penerusnya.”

Selain materi kepemimpinan acara pelatihan tersebut berisikan materi materi pengembangan skill berorganisasi juga, mulai dari analisa sosial, analisa diri, managemen organisasi, teknik komunikasi, teknik diskusi, networking, lobbying, problem solving dan managemen konflik. Yang dirangkum dalam empat hari dengan empat pemateri mantap yang mereka (panitia) undang. Para pemateri itu adalah M. Amin Hasan (mantan Ketum UKM PN UINMA , Waka 1 PSNU Pagar Nusa Wilayah Jatim dan Tim Instruktur pasukan inti nasional), Berikutnya yaitu Mas Ahda (alumni UKM PN UINMA yang tidak mau dicantumkan CV nya), dilanjut dengan Alvin Mustikawan (Mantan Ketua Rayon PMII Kawah Chondrodimuko, Founder kampus desa dan dosen FITK UINMA) dan terakhir yaitu mas Edi (ISNU Kota Malang dan LAKPESDAM NU Kota Malang).

“pada pelatihan leadership training tahun ini memang sengaja diisi dengan materi – materi tersebut, yang bisa dikatakan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Sebab menurut analisa kami (tim stering comite) materi – materi itu sangat perlu untuk para kader UKM PN UINMA agar para kader nantinya memiliki bekal lebih dalam meneruskan tongkat estafet perjuangan berikutnya Juga pastinya bermanfaat untuk perjalanan hidupnya. Tidak cukup situ saja, rencana tindak lanjut berikutnya kita (seluruh pengurus) akan tetap mengawal dan memberikan asupan penanganan selanjutnya agar tujuan dari pelatihan ini lebih mendekati kata sempurna yaitu untuk memperkuat ideologi dan mengembangkan skill organisasi kader” Ujar Alfaridzih (Kordinator SC leadership training).

“Alhamdulillah acara ini berjalan lancar, walaupun terbatas oleh jarak. Pada awal persiapan saya lumayan kurang yakin akan berjalan lancar dan sesuai keinginan, ternyata pesera tetap antusias, materi tersampaikan dengan baik dengan forum yang begitu hidup”  laporan dari Atho’illah (ketua pelaksana).

hampir seluruh anggota baru UKM PN UINMA (yang memang menjadi sasaran pelatihan ini) mengikutinya, tak ketinggalan juga para pengurus dan para alumni turut memantau berjalannya pelatihan ini. Bahkan tak jarang (para alumni) turut memberi tanggapan berupa keritik, saran serta evalusi untuk adek-adeknya seusai penutupan tadi sore.

salah satunya yaitu tanggapan dari mas Darto (alumni pengurus UKM tahun 2002-2003) beliau berujar, “Sangat baik hal semacam ini dilakukan, sebab ditengah halang rintang pandemi para pengurus mampu mengadakan kegiatan pelatihan yang bermanfaat bagi para kadernya. Memanglah tidak bisa dikatakan sempurna seperti tahun-tahun sebelumnya, namun dari terlaksananya kegiatan leadership training 2020 ini pengurus dan panitia mampu menyuguhkan pelatihan secara daring yang tidak kalah antusias dan interaktif seperti yang biasanya (melalui offline) seperti tahun-tahun biasanya.”

“Hal semacam ini merupakan langkah yang bagus dan bisa dikatakan hebat, karena pengurus berani berinovasi. Yang saya amati sendiri berjalannya acara ini begitu menarik dan tetap dikatakan sebagai inovasi baru dalam memenghidup-hidupi UKM kita dimasa seperti ini, jujur saja saya juga sedikit merasa grogi karena tidak terbiasa berbicara dihadapan kamera. Namhn dengan acara online ini para alumni yang biasanya jauh dan jarang hadir langsung dikarenakan jarak dan kesibukan kali ini bisa turut memantau adik – adiknya belajar dan semoga saja dari pelatihan ini UKM kita bisa menjadi motivasi dan gambaran kepada yang lain  untuk mengadakan hal semacam ini” tanggapan mas Amin (mantan Ketum 2011).

Akhir acara ini diitutup dengan sambutan mas Nouval selaku ketum UKM PN UIN Malang 2020 “Pemuda adalah harapan sebuah bangsa yang akan menjadi sosok dimasa yang datang. Teruslah menempa diri dan selalu berkarya. Kita adalah pemimpin untuk diri sendiri dan pemimpin bagi yang hlain. Untuk itu jadilah pemimpin yang selalu hidup dan memberi warna. Semoga acara ini mampu menjadikan kita lebih mendalami arti dari sebuah kepemimpinan, dan ajang sebagai manusia yang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Selamat berproses.” Pesan dan harapnya.

Jum’at, 7 Agustus 2020

Penulis

Achmad Alfaridzih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *