UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang Salah Satu Perwujudan Santri Sehat Indonesia Kuat

UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang Salah Satu Perwujudan Santri Sehat Indonesia Kuat

Pada tanggal 21 Oktober 2020. UKM pencak silat Pagar Nusa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali melebarkan sayapnya dikalangan pondok pesantren dikawasan Plosoarang Malang. Pada acara peringatan hari santri nasional di Ponpes Al Hidayah Karangploso anggota UKM pencak silat Pagar Nusa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memberikan sebuah penampilan yang dikemas secara apik dalam gerak seni yang memukau. Mulai dari seni tunggal tangan kosong, tunggal bersenjata, beregu, ganda putra dan putri.

Selain gerakan seni yang indah dan memukau anggota UKM pencak silat Pagar Nusa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tidak lupa menampilkan ciri khasnya yaitu atraksi atau yang biasa kita kenal dengan debus. Ada banyak atraksi yang ditampilkan oleh anggota UKM pencak silat Pagar Nusa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada acara tersebut. Dimulai dari adegan mematahkan lampu menggunakan kepala disusul dengan adegan mengunyah lampu neon layaknya memakan kerupuk. Dilanjutkan dengan pematahan kayu dan tongkat yang dipukulkan pada tubuh para anggota UKM pencak silat Pagar Nusa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berselingan dengan adegan pemecahan batu bata menggunakan kepala para pesilat.

Aksi berikutnya yang tidak kalah menarik dengan atraksi-atraksi sebelumnya atraksi yang amat menegangkan di mana bagian tubuh manusia dilindas oleh sebuah mobil. Para pesilat diminta untuk tengkurap kemudian tanpa ragu mobil melintas begitu saja seperti melintasi jalan tol. adegan ini sukses memukau para hadirin dan juga santriwan dan santriwati Pondok pesantren Al-hidayah Plosoarang.

Rangkaian pertunjukan tersebut dilakukan guna menghibur dan memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada generasi muda terutama para santri. Selain itu juga engingatkan kita untuk tetap berolahraga dan tetap menjaga kesehatan agar tercipta Indonesia yang kuat. Penampilan ini ditujukan dari santri untuk Santri. Di mana anggota Pagar Nusa sendiri akrab dengan sapaan santri NU atau santrinya Gus Maksum Jauhari. Penampilan anggota Pagar Nusa tersebut juga tidak lepas dari selogan peringatan hari santri Nasional Indonesia tahun 2020 yaitu santri sehat Indonesia kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *